Blogroll

BERBAGI BERSAMA

Microsoft Menghentikan Dukungan kepada Windows XP pada tahun 2014

Posted by Unknown Selasa, 12 Maret 2013 0 komentar



       Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001 oleh Microsoft, nama "XP" sendiri adalah kependekan dari "Experience". Windows XP sendiri merupakan penerus dari Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT.

Windows XP sendiri tersedia dalam berbagai macam edisi :
  • Windows XP Professional
  • Windows XP Home Edition
  • Windows XP Media Center Edition
  • Windows XP Starter Edition
  • Windows XP Professional x64 Edition
   
        Dari beberapa edisi diatas, edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional. Selain beberapa edisi diatas, ada juga Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Dan Windows XP pun masih digunakan sampai saat ini walau pun sudah ada generasi baru yaitu Windows Vista, 7 dan 8.

        Microsoft akan menghentikan dukungan kepada Sistem Operasi Windows XP mulai tanggal 18 April 2014 mendatang dan menyarankan usernya meng-upgrade ke Sistem Operasi generasi baru, rasanya memang pilihan yang baik. Karena dukungan kepada operating system generasi baru akan dapat melegakan penggunanya dari kerentanan terhadap serangan malware atau virus. Seperti kita tahu, komputer jaman sekarang banyak yg terhubung ke internet yang mana selain menyajikan banyak manfaat, juga menyajikan kerugian yang perlu selalu diantisipasi dan ditambal/diperbaiki.

         Jika user tetap menggunakan Windows XP, bukan tidak mungkin komputernya menjadi target empuk Kriminal Cyber dengan metode dan teknologi barunya dalam membobol sistem. Berhentinya dukungan dan tambalan resmi kepada Windows XP bakal diikuti produsen software yang berjalan di XP. Termasuk di antaranya adalah produsen antivirus/antimalware.

        Di sisi lain, aplikasi yang sudah dibangun pada Windows XP belum tentu bisa berjalan pada Sistem Operasi  generasi setelahnya. Ini terjadi dengan beberapa aplikasi di yang saya pakai, yang dulunya dibangun pada Windows XP. Sayangnya tidak dapat berjalan pada Windows Vista, 7 dan bahkan 8. Hingga akhirnya user harus menggunakan Sistem Operasi  Windows XP sampai sekarang, entah sudah berapa lama terjebak di Windows XP. Kalaupun bisa di upgrade ke Sistem Operasi generasi setelahnya kemungkinan PC yang kita gunakan akan mengalami penurunan performa. Hal ini dikarenakan Sistem Operasi generasi baru tersebut membutuhkan spesifikasi hardware yg lebih tinggi daripada yang digunakan pada Sistem Operasi Windows XP.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Microsoft Menghentikan Dukungan kepada Windows XP pada tahun 2014
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ryokhaz.blogspot.com/2013/03/microsoft-menghentikan-support-kepada.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Ryo_Khaz
Remuk'an Menungso .