Blogroll

BERBAGI BERSAMA

Manfaat Tomat Untuk Wajah

Posted by Unknown Minggu, 13 Mei 2012 0 komentar



Buah tomat adalah salah satu buah yang sangat sering kita temui. Apalagi yang sudah berumah tangga biasanya selalu sedia tomat didapur atau di kulkas. Bahkan saking seringnya kita jumpai kita kurang memahami kegunaan tomat lebih banyak, mungkin kita selama ini hanya tau kalo tomat hanya digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan atau untuk sebagian orang biasanya dibuat sebagai jus minuman segar. Selain sebagai bahan bumbu pada masakan atau dapat dibuat jus, kegunaan buah tomat juga sangat baik bagi wajah kita. Kali ini kita akan membahas manfaat tomat untuk wajah lebih jauh lagi.



1.  Mengatasi pori-pori besar diwajah

Pori-pori wajah yang besar, tentunya dapat memudahkan kotoran masuk kedalam bagian wajah anda. Sehingga hal ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit wajah karena kotoran yang masuk dari luar tadi. Tapi jangan khawatir, disini kita bisa menggunakan tomat sebagai pembersih dari kotoran dan bakteri yang menempel diwajah kita agar terlihat lebih bersih dan dapat menghilangkan bakteri dan kotoran tersebut. Caranya adalah dengan mengambil kira-kira 2 sendok makan tomat segar yang sudah di jus lalu campurkan dengan 2-4 tetes air perasan jeruk nipis segar. Gunakan kapas untuk mengoleskan pada bagian wajah kita sambil diberi pijatan melingkar pada bagian yang diolesi campuran tomat dan jeruk tadi agar mudah mereserap kedalam kulit wajah kita. Lalu diamkan ramuan tersebut sekitar 15 menita, lalu bilas wajah kita dengan air bersih yang mengalir. Hal ini dapat kita lakukan 2 kali dalam seminggu atau agar lebih maksimal dapat dilakukan 2 hari sekali secara rutin.

2.  Mencerahkan kulit dan mengatasi komedo

Buah tomat juga dapat mengurangi bahkan dapat menghilangkan komedo pada kulit wajah kita. Hal ini dapat terjadi karena buah tomat dapat mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah kita. Jika buah tomat ini dikombinasikan dengan buah avokad maka hasilnya akab lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan avokad mengandung antioksidan dan dapat digunakan sebagai pelembab alami. Cara membuatnya cukup haluskan buah tomat dan buah avokad secara bersama lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Lalu diamkan selama 20-30 menit lalu bilas wajah dengan air bersih. Kombinasi buah tomat dan avokad ini sangat cocok untuk tipe kulit kering dan berminyak. Karena dari bahan tersebut banyak terdapat vitamin A, C dan vitamin E.

3.  Untuk wajah Berjerawat

Buah tomat juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengobati jerawat. Coba kita perhatikan pada obat jerawat yang kita beli di apotik, mengandung vitamin A dan Vitamin C. Sedangkan pada buah tomat sangat kaya dengan vitamin A dan vitamin C serta vitamin K. Kandungan asam pada buah tomat juga dapat membantu mengurangi dan mengobati jerawat kita. Untuk cara penggunaannya cukup dengan mengiris tipis buah tomat tersebut lalu tempelkan pada wajah kita. Biarkan selama 30-45 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, kita dapat mengulangi hal ini setiap hari.

4.  Sebagai tabir surya

Buah tomat dapat dimanfaatkan sebagai tibir surya alami. Tabir surya alami ini dapat kita gunakan sebagai pelindung dari sengatan panas sinar matahari. Selain sebagai tabir surya alami, apabila kulit kita mengalami peradangan karena terbakar sinar matarai, kita juga dapat menggunakan buah tomat yang sudah dihaluskan dengan dicampur sedikt yogurt. Cara penggunaannya cukup dengan dioleskan pada bagian kulit yang mengalami peradangan karena terbakar sinar matahari tersebut.

5.  Mengatasi kulit berminyak

Jika kulit wajah kita termasuk jenis kulit wajah yang berminya, buah tomat juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi minyak yang berlebih pada wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil sari yang ada pada buah tomat dengan menyaring air pada tomat yang sudah dihaluskan dan campurkan sari tomat tersebut dengan buah timun yang sedah dihaluskan. Lalu oleskan campuran sari tomat tersebut keseluruh bagian wajah sebagai masker dan diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Selain itu juga buah tomat dapat kita gunakan untuk mengencangkan kulit wajah dan mengatasi wajah yang berminya, kita dapat mengkombinasikan buah tomat tersebut dengan susu, minyak zaitun, putih telur, dan bahan-bahan alami agar lebih aman bagi wajah serta tidak manimbulkan efek samping. Kita telah membahas bersama tentang manfaat buah tomat untuk wajah. Meskipun hasilnya cenderung lebih lama daripada kosmetik yang tidak alami. Tapi memang dalam perawatan wajah dengan bahan alami memerlukan katekunan. Karena memang bahan alami lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Tomat Untuk Wajah
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ryokhaz.blogspot.com/2012/05/manfaat-tomat-untuk-wajah.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Ryo_Khaz
Remuk'an Menungso .