Blogroll

BERBAGI BERSAMA

10 Masjid Terbesar Didunia

Posted by Unknown Senin, 26 Maret 2012 0 komentar
Besar atau kecil sebenarnya bukan menjadi ukuran ideal sebuah masjid. Karena sesungguhnya ukuran yang lebih ideal adalah seberapa bermanfaatnya masjid tersebut bagi kemaslahatan umat (Islam) khususnya baik dari sisi ibadah maupun dari sisi muamalahnya. Walaupun demikian kemegahan dan keindahan bukan segalanya, namun hal ini dapat menjafdi salah satu faktor pendukung dalam syiar agaman Islam.Berikut ini saya akan mencoba menyajikan sebuah posting yang bersumber dari wikipedia yaitu 10 Masjid terbesar didunia, yang mengacu kombinasi pada kapasitas beribadah jamaah dan luasnya area keseluruhan masjid (bukan hanya bangunan). Mari kita lihat bersama.


1.  Masjidil Haram di Mekah



Masjidil haram di mekkah merupakan masjid terbesar didunia dimana pada sisi tengah bangunan masjid ini terdapat bangunan ka'bah yang menjadi pusat (kiblat) sujud seluruh umat islam didunia. Masjidil Haram memiliki luas 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) dan mampu menampung lebih dari 4 juta jamaah baik didalam ruangan masjid maupun diluar halaman masjid. Masjid yang tidak pernah sepi dalam 24 jam ini, selalu ada jamaah yang datang untuk melakukan ibadah sholat maupun melakukan tawaf (berjalan mengitari ka'bah). Masjidil haram paling ramai dikunjungi umat islam dari seluruh dunia pada puncak ibadah haji setiap tahunnya.


2.  Masjid Al-Nabawi di Madinah


Setiap umat islam pasti tahu masjid ini. Karena masjid ini merupakan salah satu masjid utama bagi umat islam selain Masjidil Haram di mekah dan masjid Al-Aqsa di yerusalem. Masjid ini juga menjadi tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Dan setiap umat islam yang menjalankan ibadah haji juga dipastikan mengunjungi masjid ini. Pada salah satu area di masjid Al-Nabawi ini yang bernama ar-Raudhah diyakini menjadi salah satu tempat yang mustajab untuk memanjatkan do'a.


3. Masjid Imam Reza Shrine di Masyhad Iran



Masjid Imam Reza Shrine di Masyhad Iran adalah sebuah kompleks yang berisi makam Imam Ridha, Imam kedelapan Syi'ah Imamiyah dan dikenal sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. Didalam kompleks masjid ini juga terdapat Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, tempat seminar, kuburan, Universitas Islam Razayi Ilmu, dan sebuah ruang makan untuk peziarah, dan bangunan lainnya.


4.  Masjid Istiqlal di Indonesia


Kembali ke tanah air tercinta Indonesia. Masjid istiqlal dibangun pada era orde lama saat masa pemerintahan Presiden Soekarno. Dan hingga sekarang masjid ini masih menyandang sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, walaupun banyak masjid-masjid baru dan megah dibangun namun secara keseluruhan belum bisa menandingi kebesaran Masjid Istiqlal secara keseluruhan ini. Istiqlal yang berarti kemerdekaan, merupakan anugerah atas kemerdekaan yang diraih Indonesia saat melepaskan diri dari belenggu penjajah.

5.  Masjid Hassan II di Maroko


Masjid Hasan II berada di casablanca. masjid ini dirancang oleh arsitek dari Prancis, Micheal Pinseau. Masjid ini memiliki menara masjid tertinggi di dunia yaitu lebih dari 200 meter, dan letak masjid ini menghadap langsu ke samudra Atlantik.

6.  Masjid Fisal di Islamabad Pakistan



Masjid Faisal saat ini merupakan masjid terbesar di Asia Selatan dan sebelum Masjidil Haram di mekah direnovasi, masjid ini pernah menyandang senagai masjid terbesar didunia periode 1986-1993. masjid Faisal menjadi masjid Nasional rakyat Pakistan dan dapat menampung kapasitas jamaah lebih dari 300 ribuan jamaah. 

7.  Masjid Badhshahi di Lahore, Pakistan



Masjid Badhshahi terletak di tengah kota Labore, Pakistan. Masjid ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Masjid Sultan, masjid ini pernah menjadi masjid terbesar di Asia selatan. Selain itu juga masjid ini memiliki kapasitas hingga lebih dari 100 ribuan jamaah.

8.  Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab



Nama masjid ini diambil dari nama Presiden pertama Uni Emirat AArab yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Makam Sheikh Zayed pun terdapat didalam area masjid terbesar di Uni Emirat Arab ini. Masjid ini mulai digunakan oleh masyarakat Abu Dhabi pada tahun 2007. 

9.  Masjid Jama / Jami di New delhi, India



Masjid yang berada di kota lama India, New delhi. Masjid ini termasuk sebuah masjid yang mempunyai usia cukup tua, Masjid yang pembangunannnya di prakarsai oleh pembuatan Taj Mahal Kaisar Mughal Shah Jahan dibangun pada tahun 1656 Masehi. Puluhan ribu Jamaah setiap Sholat Jum'at selalu memenuhi ruang dalam bahkan hingga diluar bangunan masjid ini.

10.  Masjid Baitul Mukarram di Dhaka, Bangladesh



Masjid ini terletak tepat berada di jantung ibukota Bangladesh, Dhaka. Masjid yang selalu penuh sesak terutama saat sholat utama dan di bulan suci Ramadhan. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1960-an dengan kapasitas semula hanya 30 ribuan jamaah, namun dalam perkembangannya ditambahkan menjadi lebih dari 40 ribuan jamaah.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Masjid Terbesar Didunia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ryokhaz.blogspot.com/2012/03/10-masjid-terbesar-didunia.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Ryo_Khaz
Remuk'an Menungso .