Blogroll

BERBAGI BERSAMA

Efek Negatif Mie Instant Bagi Kesehatan

Posted by Unknown Minggu, 26 Februari 2012 0 komentar




 
     Mie instan adalah makanan yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat kita. kita sering menjadikan mie instant sebagai stok persediaan makanan dirumah, dan makanan ini menjadi makanan favorit saat kita sedang malas untuk memasak atau saat malam hari. Karena makanan ini cenderung mudah dalam penyajiannya dan memiliki aroma dan rasa yang cukup menggugah selera. Terlebih sekarang ada 2 jenis penyajian (goreng dan rebus) dan juga banyak varian rasa yang ditawarkan. Tidak heran bila makanan ini mempunyai penggemar yang cukup banyak, dari kalangan usia muda atau tua, pria maupun wanita, terlebih lagi anak kost karena mereka mempunyai ruang terbatas untuk menyajikan makanan dan sering menjadikan mie instant sebagai alternatif sebagai santapan.

        Tapi, tahukah anda didalam mie instant banyak mengandung zat adiktif yang sangat berbahaya?? seperti bahan pengawet dan pewarna yang tidak dapat dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh, sehingga akan mengendap didalam tubuh dan apabila terlalu banyak mengkonsumsi zat ini secara berlebihan akan menimbulkan permasalahan kesehatan yang serius. 

          Dibalik kemudahan dan rasa yang cukup nikmat yang disajikan mie instant tersebut tersembunyi dampak negatif bagi kesehatan kita. Dan inilah dampak yang ditimbulkan jika kita sering mengkonsumsi mie instant.


1.  Kanker

Styrofoam dan polystyrene telah menjadi bahan yang paling populer digunakan dalam industri pangan, termasuk untuk kemasan mie instant. Dalam bumbu mie instant juga terdapat zat monosodium glutamat (MSG) yang dapat memicu kanker. Bahkan badan kesehatan dunia yang dimiliki oleh PBB yaitu WHO (World Health Organization) telah menyebutkan bahan ini sebagai pemicu kanker.

2.  Keguguran

Wanita hamil yang sering mengkonsumsi mie instant lebih beresiko untuk keguguran, karena efek dari bahan pengawet yang terkandung dalam mie istan tersebut sangat berpengaruh kepada perkembangan janin yang dikandungnya.

3.  Metabolisme

Mengkonsumsi mie instant dalam rentan waktu jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan dari akumulasi zat-zat kimia beracun yang terdapat pada mie instant yang mengganggu sistem metabolisme tubuh seperti pewarna makanan, pengawet, dan zat adiktif dalam mie instant.

 4. Kurang Gizi

Mie instant dapat menghambat kemampuan anak dibawah usia 5 tahun dalam penyerapan nutrisi. Setelah mengonsumsi mi instan, banyak anak di bawah usia 5 tahun mengalami kesulitan menyerap nutrisi dari makanan sehat yang mereka konsumsi. 

5.  Natrium

Didalam mie instant juga terdapat banyak sodium. Jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi natrium dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindari konsumsi mie instant secara berlebihan.

6.  Obesitas

Mi instan adalah penyebab utama obesitas, hal ini dikarenakan mie instant terbuat dari tepung terigu yang mengandung karbohidrat dalam jumlah besar tapi kandungan vitamin, protein, dan mineral yang sedikit. Perlu disadari juga, didalam mie instant mengandung 30% minyak dari bobot kering. Didalam mie instan juga terdapat kandungan Monosodium Glutamat (MSG) yang memiliki kantribusi dalam peningkatan berat badan.

7.   Natrium

Dalam mie instant juga bnyak mengandung Natrium yang jika dikonsumsi secara berkebihan akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya yaitu dapat menyebabkan hipertansi, stroke dan gangguan pada fungsi ginjal, zat ini juga dapat memicu munculnya penyakit jantung.

8.  Gangguan Pencernaan

Zat-zat kimia yang terkandung dalam mie instant dapat menyababkan gangguan pencernaan. Hal yang sering terjadi adalah dapat menyebabkan kembung, sembelit, dan gangguan pada gerakan usus yang tidak teratur.

9.   Junk Food

Mie instant dianggap sebagai junk food karena didalam mie instant terdapat lemak jenuh dan lemak trans. Didalam komposisi nutrisi mie instant juga tidak seimbang karena sedikit mengandung vitamin, mineral dan serat serta lebih banyak mengandung karbohidrat.


       Jadi, bisa disimpulkan kalau kita mengkonsumsi mie instant harus kita seimbangkan antara pemenuhan vitamin, mineral, dan juga serat dengan cara menambahkan sayur-sayuran, telur, dan daging (kalau ada) hehehe.... Dan juga jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instant karena memang banyak mengandung zat kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan dalam rentan waktu yang panjang. sekian artikel ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita untuk lebih menjaga kesehatan tubuh dengan tidak memasukkan zat berbahaya dalam jumlah yang terlalu banyak dan dalam rentan waktu yang lama.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Efek Negatif Mie Instant Bagi Kesehatan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ryokhaz.blogspot.com/2012/02/efek-negatif-mie-instant-bagi-kesehatan.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Ryo_Khaz
Remuk'an Menungso .